Senin, 18 April 2016

5

Perangkat Lunak Komputer

Perangkat Lunak (Software)
Hasil gambar untuk perangkat lunak komputer



Software adalah perangkat yang tidak dapat dipegang dan dilihat secara fisik, software memang tidak tampak secara fisik dan tidak berwujud benda namun bisa untuk dioperasikan dan dijalankan.
Ø  Fungsi Pernagkat Lunak
Fungsi perangkat lunak adalah memproses data atau perintah/intruksi hingga mendapat hasil atau menjalankan sebuah perintah-perintah . Berfungsi sebagai sarana interaksi yang menghubungkan atau menjembatani penggunan komputer (user) dengan perangkat keras.
Berdasarkan fungsinya dalam pengeporasian sistem teknologi informasi dan komunikasi perangkat lunak dapat diklasifikasikan menjadi tiga jenis :
1.      Sistem Operasi (Operating system)
2.      Bahasa Program (Program Languange)
3.      Program Aplikasi (Packet Program)
Jenis Perangkat Lunak :
1.      Sistem Operasi
Adalah software yang berfungsi untuk mengaktifkan seluruh perangkat yang terpasang pada komputer sehingga masing-masingnya dapat saling berkomunikasi. Saat komputer pertama kali dihidupkan, sistem operasilah yang oertama kali dijalankan, sistem operasi yang mengatur proses internal, memanejeman penggunaan memori dan memberikan keluaran keperalatan yang bersesuaian. Contoh sistem operasi :
a.      DOS
    Hasil gambar untuk DOS (Disk Operating System)
DOS (Disk Operating System)dengan dua model PC DOS dan MS DOS yang dapat dioperasikan pada komputer jenis IBM kompatibel. Sistem operasi windows tela berovolusi dari Ms-DOS, sebuah sistem operasi yang berbasis modus teks dan command-line . Microsft windows telah mengalami perkembangan produk teknologi dari mikrosoftwindows 1,2,3,3.1 da kemudian mengalami banyak revisi dan tambahan fitur hingga menjadi mikrosoft windows 95. Windows xp yang sekarang banyak digunakan oleh pengguna di Indonesia.
b.      Linux
Hasil gambar untuk DOS perangkat lunak
Linux adalah nama yang diberikan kepada sistem operasi komputer bertipe Unix. Nama “Linux” berasal dari nama pembuatnya, yang diperkenalkan tahun 1991 oleh Linux Tovalds. Ada beberapa macam Distro Linux, seperti : Debian, Lycoris, Xandros, Lindows, Linare, Linux-mandrake, Red hat Linux, Slakware, Knoppix, Fedora, Suse, dan Ubuntu.
c.       IOS
       Hasil gambar untuk icon IOS perangkat lunak
IOS  adalah sistem operasi perangkat bergerak yang dikembangkan dan didistribusikan oleh Apple Inc. IOS diturunkan dari OSX, yang memiliki fondasi Darwin dan karena itu IOS merupakan sistem operasi Unix. IOS adalah versi bergerak dari sistem operasi OS X yang dipakai dikomputer-komputer Apple.
2.      Bahasa Program (Programming Lenguange)
Merupakan intruksi dan aturan yang tertuang dalam bentuk kode-kode yang diberikan pada komputer untuk melaksanakan suatu tugas. Manusia memberikan intruksi yang dimengerti oleh komputer melalui bahasa pemprograman, dan komputer akan menerjemahkannya. Contohnya seperti PHP, ASP, dBase, Visual Basic, C, C++, Basic, Pascal, dll.
Bahasa program ini biasanya dibagi atas 3 tingkatan, yaitu :
·         Low Level Languange, bahasa pemprograman generasi pertama, bahasa pemprograman ini sangat sulit dimengerti karena instruksinya menggunakan bahasa mesin. Biasanya yang mengerti hanyalah pembuatnya saja.
·         Middle level Languange , merupakan bahasa pemprograman tingkat menengah dimana penggunaan intruksi sudah mendekati bahasa sehari-hari, walaupun begitu masih sulit untuk dimengerti karena banyak menggunakan singkatan-singkatan seperti STO artinya simpan (Singkatan dari STORE ) dan Mov artinya pindah (Singkatan dari MOVE ). Yang tergolong dalam bahasa ini adalah Assembler, For Tran (Formula Translator)
·         High Level Languange, merupakan bahasa tingkat tinggi yang mempunyai ciri mudah dimengerti, karena menggunakan bahasa sehari-hari , seperti Basic, dBase, Visual Basic, VB, Net, dsb.
3.      Program Aplikasi (Packet Program)
Merupakan software yang mempunyai fungsi khusus sesuai dengan tujuan pembuatannya. Program Aplikasi merupakan software yang banyak digunakan untuk membantu menyelesaikan tugas tertentu. Program aplikasi dapat diklasifikasikan lagi menjadi beberapa jenis aplikasi antara lain sebagai berikut :
a.      Pengolah Kata (Word Processing)
Adalah perangkat lunak yang digunakan khusus untuk melakukan pemprosesan kata yang banyak digunakan untuk tulis-menulis surat, paper, karya publikasi, buku, koran, sekolah, dll. Contoh :
·         Word Star       
·         Chi Writer
b.      Pengolah Angka (Worksheet)
Adalah perangkat lunak yang digunakan khusus untuk hitung-menghitung angka, laporan keuangan , dan hal-hal yang melibatkan perhitungan. Contoh :
·         Microsoft Excell
·         Lotus 123
·         Abacus
·         XESS
·         Gnunieric
·         Kspread
c.       Perangkat Lunak Alat (tools)
Adalah perangkat lunak yang digunakan khusus untuk membantu melakukan tugas yang spesifik dan kecil. Contohnya, anti virus, PC, Tools, dsb.
d.       Vodeo Editor
Adalah perangkat lunak yang digunakan khusus untuk mengolah rekaman kamera untuk ditransfer dan dikredit menjadi video (VCD atau DVD). Contoh : Ulead Video Studio. Adobe Premier, Pinacle Studio, dsb.
e.      Multimedia
Adalah perangkat lunak yang digunakan khusus untuk mengolah dan menampilkan baik audio (suara) maupun audiovisual. Contoh :
·         Winamp
·         Window Media Player
f.        Perangkat Lunak Graphic
Adalah perangkat lunak yang digunakan khusus untuk melakukan olahgrafis dan editing photo. Contoh : corel drae. Photo shop.
g.      Dekstop Publising
Adalah perangkat lunak yang digunakan khusus untuk mengolah bahan berita dalam surat kabar atau majalah yang besar dengan menggabungkan antara teks, grafik, dan layout. Contoh : corel ventura dan Adobe page maker.
h.      Perangkat Lunak Musik

Yakni perangkat lunak khusus yang digunakan untuk mengolah dan menulis musik sekaligus memformat hasilnya. Misalnya : Encore 4, Music Write Profesional, Sibellius, dsb.

5 komentar:

  1. Terima kasih blognya sangat membantu..
    My blog

    BalasHapus
  2. terimakasih blognya bagus semoga bermanfaat
    angan lupa kunjungi website kami http://www.atmaluhur.ac.id/ dan kunjungi blog saya https://zubikaa.blogspot.com/

    BalasHapus